Jangan Pernah Ragu Pilih Domain.my.id

Jangan Pernah Ragu Pilih Domain.my.id - Domain diibaratkan alamat dari sebuah rumah. Selain dari itu, Domain menjadi bagian utama dalam mengenalkan jati diri blog. Pentingnya nama sebuah domain tidak hanya meliputi seberapa hebat kamu populer di jagat maya, akan tetapi juga seberapa manfaatkah nama web kamu untuk dikenal dalam memberikan informasi.

Seperti layaknya seorang artis, Domain menjadi bagian dari populeritas dalam setiap gerak-geriknya. Teruntuk web/blog yang berasal dari blogger, jangan pernah berkecil hati jika domain kalian masih menggunakan free version dari blogger. Tenang saja, blogspot pun bisa menjadi artis jika konten-konten yang dibuat informatif dan bukan hasil Copy Paste (mari kita saling menghargai jerih payah dan kerja keras kita masing-masing).

Domain .My.id
Ilustration by Banggaos

 

Mengenal Custom Domain

Custom Domain menjadi sebuah alamat unik yang disematkan pada sebuah web/blog. Selain sebagai sebuah identitas profesional dari sebuah web. Custom Domain memberikan definisi fokusnya kamu dalam mengembangkan bisnis di dunia content. Tentu kamu masih ingat artikel Banggaos tentang ini:

Seberapa Pentingkah: Sebuah branding blog untuk kamu


Pada artikel tersebut terdapat pengembangan konsep dimana memberikan nama pada sebuah web/blog itu sama halnya membuat sebuah langkah pertama dalam mengenalkan sebuah brand.

Manfaat Custom DomainMemberikan kesan profesional.

  1. Terlihat lebih rapih
  2. Lebih dipercayai oleh pihak pengiklan
  3. Lebih branded
  4. Terlihat profesional

 

Cara Memilih Nama Domain Baru

Banggaos merupakan situs harian yang masih menggunalan URL atau domain free dari blogger. Akan tetapi sebelumnya pernah menggunakan domain TLD (Top level Domain) dengan extention .PW, namun kandas ditengah jalan dengan berbagai alasan.

Awalnya hanya coba-coba, saat itu masih on fire mengelola blog memang jiwa ini rasanya elalu ingin mencoba hal-hal baru untuk diketahui. Termasuk salah satunya ialah menggunakan nama custom domain. Untuk pengalaman pertama memang akan merasakan bingung. Sebab, tanpa dasar yang jelas membuat kita memiliki banyak pilihan.

Cara menentukan nama Domain

  1. Buatlah nama yang simpel dan sesederhana mungkin
  2. Berika nama yang mudah diingat dan diucapkan, seperti Juragan Cipir, Kompi Ajaib, Blogdollar, PanduanIM, atau jika dengan nama pribadi seperti SugengID, Maxmanroe, dan Mastimon
  3. Berikan sentuhan Unik, tapi jangan pula menggunakan kombinasi angka dan huruf. Kalaupun mau huruf saja, atau angka saja
  4. Pilih extension domain sesuai budget dan target, jika untuk dalam negeri bisa menggunakan .COM atau domain dengan extention national seperti yang telah saya gunakan sat ini.

 

My.Id Menjadi Pilihan Terakhir dan Semoga Tambah Langgeng

Setelah share tentang domain dan custom domain, Banggaos ingin sedikit share tentang bagaimana menjatuhkan pilihan domain pada (Dot)My.id.

Banggaos Blog, kualitasnya sangat amat jauh dari kata bagus jika dibandingkan dengan blog atau situs-situs pusat informasi kawakan lain. Namun blog ini sudah memiliki pengunjung tetap yang berasal dari luar negara. Alih-alih memilih domain TLD yang dengan skala global sepertiextention populer seperti .COM atau .NET, ternyata owner blog ini lebih menyukai extention domain My.id atau dalam negeri.

Harapan selalu ada, yakni semoga website ini bisa menjadi rujukan informasi terbaik yang terpercaya dan dicintai para pembacanya. Dan semoga blog ini bisa lebih dikenal dunia, bahwa saya dari negeri domain (dot)id. Terima kasih atas suportnya.

No comments for " Jangan Pernah Ragu Pilih Domain.my.id"