Bahaya Microsleep pada Tubuh Kita

Banggaos.my.id - Pernahkah kita mengalami tertitdur sesaat tanpa kita sadari. Atau mungkin pernah mengalami bingung secara tiba-tiba saja setelah tersadar dari tidur yang tak tahu kapan memulainya. Kejadian seperti ini mungkin pernah dialami sebagian orang. Dimana biasanya dialami oleh orang-orang memiliki waktu tidur yang kurang.
 
Pada kondisi kekurangan jam tidur, tubuh kita akan mengalami efek slow respon saraf. Impul-impul saraf yang aktif akan berkinerja lemah dikarenakan lelah setelah aktifitas panjang seharian. Alhasil, efek yang timbul ialah mengantuk dan bahkan tertidur secara tidak disengaja.

What is Microsleep
Ilutrasi Gambar by pixabay.com




Apa Itu Penomena Microsleep

Kondisi tertidur sejenak seperti ini sering dikenal dengan istilah microsleep. Penomena seperti ini sering terjadi ketika kita berada dalam kegiatan yang monoton, seperti sedang menonton acara yang membosankan atau itu-itu saja, menunggu yang terlalu lama, menatap monitor terlalu lama dan berkendara terlalu lama.
 
Disatu sisi, microsleep memiliki dampak negatif jika kita secara continue mengalaminya. Akan tetapi ada juga dampak positif yang akan diraskan saat mengalami kondisi seperti ini.
 
Secara medis, Microsleep merupakan kondisi tidur yang tidak biasa, yaitu kondisi dimana seseorang kehilangan kesadarannya dengan masuk dalam kondisi tertidur namun hanya dalam waktu satu detik sampai dua menit. 
 
Kondisi ini akan berlangsung lebih jika sesorang tersebut mengalami masalah dalam jam istirahat tidurnya. Microsleep ditandai dengan hilangnya focus dan posisi kepala yang jatuh mengangguk. Saat tersebut kita tidak akan bisa mengingat hal yang terjadi saat sebelum dua menit berlalu.


Berbahaya! Inilah Dampak Negatif Microsleep

Berhati-hatilah ketika kondisi tubuh sudah merasa lelah, karena biasanya akan dibarengi dengan hilangnya fokus dan datangnya rasa mengantuk. Beristirahat merupakan pilihan yang bijak saat kita dalam kondisi seperti ini. Selain berdampak pada diri kita sendiri, efek yang ditimbulkan akan juga mempengaruhi dari lingkungan sekitar. Berikut diantarnya:
 
  1. Kecelakaan Lalulintas
  2. Berantakannya hasil kerjaan karena hilangnya fokus
  3. Mencelakai orang lain dari dampak yang ditimbulkan
 
Karena microsleep banyak dialami para pengemudi kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, hasilnya dapat mencelakakan orang lain bahkan nyawa diri sendiri. Hal ini terbukti dari setiap banyak kasus kecelakaan lalulintas yang didasari alasan driver mengantuk. Itu karena terlalu memaksakan diri, padahal tubuh sudah tidak sanggup untuk menahannya. Saat merasa lelah tersebut biasanya kita akan kehilangan fokus dalam berkonsentrasi pada suatu objek dan aktifitas yang kita jalani.


Baca Juga: Bahaya Minuman Soda

Dampak Positif Penomena Microsleep

Ternyata Microsleep memiliki satu keuntungan untuk kita, yaitu dapat menghilangkan ngantuk sesaat. Survei dari beberapa orang yang mengalami kondisi ini merasakan segar setelah mengalami tidur singkat. Ini bisa menjadi alternatif saat kita kekurangan tidur yang kurang dari 6 jam. Kekurangan tidur ini memang mempengaruhi aliran darah ke otak, karena kondisi otak saat tersebut dalam kondisi istirahat dan darah dalam kondisi kental. Bahkan jika kita pernah berpartisipasi untuk donor darah, dokter tidak memperbolehkan kita untuk ikut berpartisipasi dengan alasan untuk kesehatan. 


Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar anda dapat membangun blog ini lebih informatif dan kreatif. Dilarang meninggalkan komentar yang berbau spam (bersifat pronografi, judi, link aktif dan promosi produk)

Previous Post Next Post