Banyak yang Tidak Tahu Beginilah Cara Menyambut Idul Fitri dengan baik

Banyak yang Tidak Tahu Beginilah Cara Menyambut Idul Fitri dengan baik - Hari raya idulfitri ialah hari berbahagia bagi masyarakat muslim. Hari yang jatuh pada 1 syawal pada penanggalan islam ini memiliki beribu makna dan arti. Selain sebagai tanda berakhirnya bulan  Ramadhan, idul fitri menjadi tanda kemenangan bagi yang menjalankan puasa secara khusu pada bulan tersebut.

Menjelang hari raya pun tentunya kita akan banyak disibukan dengan berbagai macam kegiatan. Dimana setiap kegiatan tentunya mengandung banyak arti dan makna. Dari beberapa kegiatan, ada kegiatan rutiniah dan wajib untuk dilakukan saat menjelang hari raya idul fitri.
Hari raya Idul Fitri

Diantaranya ialah tradisi kegiatan mudik. Walaupun mudin bukanlah sebuah kegiatan yang menjadi adat istiadat wilayah, namun ritual ini menjadi hal yang amat sangat saying jika dilewatkan. Dengan kegiatan ini banyak masyarakat dibuatnya berbahagia, sebab dari mudik dapat mempertemukan kita dengan sanak saudara yang telah lama tidak kita jumpai.

5 Kebiasaan saat idul fitri ini wajib kamu lakukan

Namun selain dari itu tentunya masih banyak kebiasaan lain yang sayang jika kita lewatkan begitu saja. Selain memiliki beragam manfaat, kebiasaan-kebiasaan ini akan membuat kita lebih memaknai arti dari hari raya idul fitri. Berikut penjelasannya.

Menghidupkan malam menjelang hari raya

Hal ini salah satu kegiatan yang berhubungan dengan peribadahan. Saat malam menjelang hari raya idul fitri tiba, tentunya akan ada kegiatan Gema takbir di setiap tempat ibadah musolah maupun masjid. Sebagai umat muslim, ada baiknya menghidupkan malam tersebut dengan ikut berpartisipasi melakukan gema takbir di musolah maupun masjid-masjid terdekat.

Melaksanakan shalat Id dan mandi sebelum berangkat

Kegiatan ini bukan hanya sekedar cerminan kebersihan diri saja, sebab mandi menjelang shalat id menjadi sebuah kewajiban bagi setiap muslim baik. Selain sebagai bentuk kebersihan diri, ada baiknya juga kita berpenampilan terbaik dengan berpakaian yang rapih saat beribadah. Terlebih ibadah shalat id adalah ibadah yang hanya dilakukan setahun sekali.

Saling meminta maaf

Diantara makna Idul fitri yang paling utama ialah dengan cara maaf-memaafkan. Terdapat beragam kebiasaan dalam kegiatan ini, setiap wilayah memiliki tradisi sendiri dalam maaf-maafan dengan masyarakat tempat kita tinggal. Baik itu tetangga dekat maupun tetangga jauh, semua akan berbaur pada tradisi ini.

Bersilaturahmi dengan sanak saudara

Inilah momen yang paling indah saat datangnya hari raya. Semuanya saling mengunjungi dan saling bertatap muka dengan merangkul untuk mempererat tali silaturahmi. Mungkin kita bisa merasakan sedikit terharu saat berjumpa sanak saudara kita, tatkala ditahun lau hadir namun tahun ini sudah tidak ada. Inilah yang menjadikan momen ini begitu berharga, karena diantara manfaat dari silaturahim ialah memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki.

Berziarah kubur

Ritual ini menjadi hal yang lumrah dilakukan, dimana kita akan berkunjung dengan para ahli kubur yang telah mendahului kita. Kegiatan ini bisa kita awali dengan membersihkan makan para leluhur dan medoakannya secara langsung. Sehingga para pendahulu kita pun dapat ikut merasakan kebahagiaan saat datang hari raya idul fitri.

Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang wajib, namun merupakan kebiasaan yang bisa membuat kita lebih memaknai hari raya idul fitri. Dimana selagi merasa sempat dan mampu, sebuah hal yang baik akan terasa bermakna jika bisa berbagi kebahagian semua orang terdekat kita. Semoga menginspirasi dan jangan lupa bagikan inspirasinya dengan yang lain.

  

No comments for "Banyak yang Tidak Tahu Beginilah Cara Menyambut Idul Fitri dengan baik"