Bahaya Minuman Bersoda

Banggaos.my.id - Siapa tak kenal dengan minuman nikmat yang satu ini. Minuman yang sering kita jumpai di warung-warung dan di toko-toko swalan ini memiliki khasiat yang dapat menyegarkan tubuh. Terlebih apabila kita menikmatinya dalam keadaan dingin.
Minuman bersoda sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia. Awal mula kemunculannya merupakan sebuah minuman yang sengaja dibuat untuk tujuan pengobatan. Namun karena rasanya yang enak, kini minuman soda sudah menjadi trend minuman penyegar untuk semua kalangan.
 
Minuman Soda
Bahaya Minuman Soda

Mengenal Kandungan Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi ialah sebutan lain dari minuman yang banyak dijual dipasaran, biasanya minuman tersebut memiliki cirri khas karena dikemas dalam bentuk kalengan. Jika kita melihat dari kacamata ilmu kimia kandungan dalam minuman soda terdiri dari senyawa Air dan tentunya Karbondioksida (CO2). Inilah yang membuat minuman ini disebut minuman berkarbonasi.

Seiring bergantinya zaman kandungan minuman soda disempurnakan dengan menambahkan rasa manis untuk memberikan rasa nikmat. Rasa manis dalam minuman soda berasal dari gula alami, tetapi sekarang ini pemanis yang ditambahkan tidaklah 100% gula melainkan berupa pemanis sintetis. Berikut kandungan lain dalam minuman bersoda;
“Air, Karbondioksida, Gula/Pemanis, Kafein, Zat pengawet, Zat pewarna, dan flavor buatan”

5 Dampak Negatif Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Dibalik nikmatnya minuman ini ternyata bisa memberikan efek negatif bagi kita, terutaman bagi kesehatan tubuh. Hasil dari pemeriksaan laboratorium ternyata minuman bersoda memiliki kandungan senyawa yang dapat memperburuk organ-organ tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara berkelanjutan tentunya akan menjadi ketergantungan hingga terjadi kematian.

Dapat Mengikis Email gigi

Kandungan Gula/pemanis dan asam pada minuman ini dapat dengan mudah mengikis lapisan gigi. Lapisan gigi yang biasa disebut email gigi bisa rusak jika mengkonsumsi minuman ini secara rutin.

Asma

Sodium benzoat yang terkandung dalam soda dapat mengurangi persediaan potasium, hal ini dapat memicu urtikaria, asma, dan eksem.

Penyakit Gangguan Fungsi hati

kandungan sirup jagung fruktosa ini dapat meningkatnya risiko sindrom metabolisme, seperti diabetes dan gangguan hati. Fruktosa yang dikonsumsi terus menerus dapat mengganggu fungsi hati, sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

Minuman bersoda
Ilustrasi Gambar by Pixabay.com


Gangguan ginjal dan keropos tulang

Cola mengandung asam fosfor tinggi, jika dibiarkan berada dalam tubuh kita dapat meningkatkan resiko batu ginjal dan masalah ginjal lainnya. Selain dari itu dapat membuat tulang menjadi lebih cepat mengalami keropos.

Gangguan Sistem Reproduksi

Kaleng minuman yang menjadi kemasan biasanya telah tercemar resin yang dikandungnya. Ini mirip seperti virus yang menjadi penyebab kanker, sehingga dapat membawa malapetaka bagi kelenjar endokrin. Salah satu fungsi kelenjar ini ialah mengatur hormon reproduksi baik wanita maupun pria. Hal inilah yang disalah diartikan bahwa soda mempengaruhi kesuburan, sedangkan pengaruhnya sebenarnya tidak secara langsung menurunkan kesuburan, melainkan efek kankernya.


Mengkonsumsi minuman bersoda menjadi sah-sah saja jika tidak dilakukan secara berlebih. Memperbanyak minum air putih tentu lebih baik ketimbang minuman dengan beragam zat tambahan yang tidak alami. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, dan untuk kita yang perduli dengan kesehatan orang terdekat kita pastinya akan selalu share informasi ini. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar anda dapat membangun blog ini lebih informatif dan kreatif. Dilarang meninggalkan komentar yang berbau spam (bersifat pronografi, judi, link aktif dan promosi produk)

Previous Post Next Post