Pecinta Kopi Wajib Tahu! Seperti ini Konsumsi Maksimal Cafein Untuk Kesehatan

Kawan, terkadang berkumpul-kumpul ria dengan teman, sahabat atau keluarga terasa tidak lengkap apabila tanpa hidangan minuman yang hangat. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan saat berkumpul ialah minum kopi. For your information nih kawan, kebiasaan ini merupakan budaya yang telah turun temurun dari nenek moyang kita. Tak kenal kasta maupun etnik budaya daerah, semua pasti punya ritual ngopi bersama.
 
Secara tidak langsung pada saat kita meminum kopi, ada senyawa kimia yang ikut bersama dengan masuknya minuman kopi. Senyawa tersebut adalah zat kafein, kafein sendiri adalah senyawa yang terbentuk dari ekstraksi seduhan air panas pada kopi. Kalau diteleskop bentuknya seperti Kristal-kristal panjang dan rasanya pahit.
 



Jumlah CaFein Dalam Satu Gelas

Kopi merupakan salah satu tumbuhan yang buahnya mengandung Zat Kafein. Sebenarnya ada banyak tumbuhan selain dari buah kopi yang mengandung kafein, tetapi kali ini Bang Gaos akan bahas Mas Kafein dulu yaaa.

Dari segi kesehatan sebenarnya kita wajib tahu kandungan kafein dalam secangkir kopi yang selalu kita seruput.  Kafein pada secangkir kopi mengandung sekitar 80 sampai 125 miligram, secangkir espreso atau kopi tubruk (kopi saring) sekitar 80 mg. Sedangkan dalam kopi instan sekitar 65 mg kafein. Pertanyaannya, seberapa amankah konsumsi kafein untuk tubuh kita dan berapa batas maksimal minum kopi dalam sehari ?.

Batas Maksimal Cafein Yang Bisa Dicerna Oleh Manusia

Seperti yang kita tahu, semua hal yang berlebihan tidak akan baik untuk kita. Begitupun Kafein, konsumsi berlebih kafein bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh kita. Disarankan maksimal sekitar 4 cangkir per hari per orang dalam menikmati kopi. Walaupun pada dasarnya daya tahan tubuh manusia berbeda-beda,  dalam sehari manusia dewasa hanya dapat menerima asupan 400 mg Kafein. Sedangkan untuk perempuan yang sedang hamil hanya setengahnya saja yang diperbolehkan, karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehan si Ibu hamil dan juga janinnya.

Oke Guys, bagaimana? jadi sudah tahu tentang batasan maksimal dari konsumsi cafeinnya ya guys... Intinya kita harus tetap melakukan pola hidup sehat dan seperti yang kita tahu segala yang berlebihan itu tidak akan ada baiknya. Terlepas itu kaum tua maupun muda, karena hidup hanya sekali jadi manfaatkan masa-masa sehatmu dan selalu tetap semangat.

               

No comments for "Pecinta Kopi Wajib Tahu! Seperti ini Konsumsi Maksimal Cafein Untuk Kesehatan"