Cara mengatasi daya batre Smartphone Xiaomi yang tidak bisa nge-Charge

Cara mengatasi daya batre Smartphone Xiaomi yang tidak bisa nge-Charge - Smartphone Xiaomi benar-benar menjadi primadona di tanah air. Selain dari segi harga yang terjangkau, Xiaomi tidak tangung-tanggung dalam mengeluarkan sepsifikasi pada setiap rilis produknya.

Melihat persaingan pasar yang semakin ganas, Xiaomi memiliki tempat tersendiri di hati para Mi Fans. Sampai akhirnya saat ini, banyak sekali masyarakat menggunakan smartphone besutan negeri tirai bambu ini sebagai alat bantu komunikasi sehari-hari.

Picture by Banggaos Blog

 

Kerusakan Umum Yang Sering Terjadi Pada Smartphone Xiaomi

Tidak ada gading yang tak retak, begitulah istilah tentang segala sesuatu di dunia ini. Tentunya tidak ada sempurna, dan begitupun dengan smartphone Xiaomi pasti ada kendala saat digunakan.

Kerusakan, dibedakan menjadi dua, yakni software dan hardware. Namun pada umumnya kerusakan pada smartphone sering terjadi karena human error. Berikut diantaranya.

  • Sistem operasi Eror
  • Rusak Tombol Power dan volume
  • Rusak Layar Sentuh
  • Daya Batre Cepat Habis
  • Rusak sistem Pengisian Daya Batre 

Penyebab Smartphone Xiaomi Tidak Bisa Nge-Charge

Satu diantara permasalahan tadi, kerusakan yang satu ini pasti pernah dialami oleh para user smartphone Xiaomi. Karena pernah mengalami hal tersebut, pada kesempatan kali ini Banggaos akan share kepada pembaca semua.



Ada sebab pasti ada akibat, berbeda penyebab tentu akan berbeda kasus dan solusinya. Untuk kasus sistem pengisian daya yang rusak, biasanya diakibatkan oleh hal-hal berikut.

Penyebab pertama adalah tidak adanya sinkronisasi antara perangkat keras smartphone dengan ROM (sistem operasi smartphone), solusinya ialah instal ulang dengan ROM yang lebih stabil.

Kedua, pengisian batre yang tidak masuk bisa terjadi karena umur batre yang terbilang tua, jika batre bisa bertahan selama 2 tahun itu termasuk beruntung. Solusinya ialah ganti batre yang baru

Ketiga, Smartphone Xiaomi yang tidak bisa nge-Charge bisa disebabkan komponen smartphone yang rusak. Seperti IC power penghubung daya atau karena songket atau lubang colokan charger dari Smartphone.

 

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Xiaomi Tidak Bisa Nge-Charge

Untuk kasus yang saya alami ini ialah tidak bisa nge-charge saat kondisi smartphone mati. Jadi kondisi batre diangka 0% daya, alias kosong sama sekali. 

Jadi, memang terdapat komponen yang membuat smartphone Xiaomi tidak bisa menyalurkan daya ke Batre jika dalam kedaan mati.

Solusi yang pertama, ialah dengan mengganti batre dengan yang sudah ada isinya.

Solusi yang kedua ialah dengan cara melakukan pengisian daya batre secara manual. Dengan istilah lain, batre harus di-Jumper dengan alat khusus untuk mengisikan daya. Dna berikut ini langka-langkah untuk men-jumper batre Xiaomi;

Membuat Alat Jumper Daya Batre

  1. Siapkan Kabel USB dan Jarum Pentul/Sejenis stick kawat kecil
  2. Potong ujung kabel USB dan Kupas Kabel USB hingga terlihat warna dari kabel-kabel kecilnya
  3. Periksa satu persatu kabel daya Positif dan Negatif, hal ini dilakukan karena setiap kabel pada USB memiliki fungsi berbeda sesuai warna (untuk mengetahuinya kamu bisa searching di internet)
  4. Kupas kembali kabel positif dan negatif tadi hingga terlihat serat kabelnya
  5. Lilitkan pada badan jarum pentul dengan serat kabel tadi dan tandai seperti pada gambar dibawah ini


Proses Pengisian Daya Batre Xiaomi

  1. Selanjutnya buka kesing smartphone dan buka juga bagian penutup komponen mesin
  2. Lepaskan songket batre dan pisahkan batre dari smartphone dengan hati-hati.
  3. Pasangkan kabel USB yang sudah dimodifikasi menjadi alat jumper tadi dengan adaptor charger dan colok ke lubang pengisian listrik
  4. Letakan ujung jarum pada bagian positif dan negatif dari songket batre
  5. Tahan hingga 15-20 menit untuk menunggu daya terisi pada batre
  6. Pasang kembali batre dan hidupkan kembali smartphone
  7. Kemudian lanjutkan pengisian daya batre smartphone xiaomi dalam keadaan hidup. 

(Step 1)

 

(Step 2)
 


(Step 3 - 5)


Cara mengatasi daya batre Smartphone Xiaomi yang tidak bisa nge-Charge memang sedikit komplek. Namun jika dilakukan dengan benar, batang jarum akan terasa panas yang menandakan pengisian daya sedang berlangsung. Dan setelah 15-20 menit tadi daya batre akan terisi sekitar 15%. Semoga berhasil.

No comments for "Cara mengatasi daya batre Smartphone Xiaomi yang tidak bisa nge-Charge"