Mengatasi Menu Navigasi/ Navbar Template Yang Tidak Berfungsi di Versi Mobile

Dropdown Menu-Bar/ Menu Navigasi/ Navbar Template Yang Tidak Berfungsi di Versi Mobile - Salam sejahtera semuanya guys.. Karena beberapa waktu lalu saya sedang gencarnya memperbaiki dan upgrade tampilan blog serta kinerjanya, kini giliran berbagi pada teman-teman semua. 

Nah, dikesempatan kali ini banggaos ingin berbagi tips dan trik saat menemukan masalah ketika mengganti template. Semua pasti pernah mengalami, entah itu masalah HTML, Javascript, maupun kinerja CSS.

Kebetulan kemarin saya mencoba sebuah template dan menemukan bug berupa navigasi menu yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Mengenal Menu Navigasi /Navbar Pada Template

Seperti yang kita ketahui ada beberapa bagian pada sebuah template, seperti header, Navbar/ menu navigasi, body, sidebar dan Footer.

Nah, pada saat ini kita akan berfokus pada bagian Navbar/ menu Navigasi dan mencari solusinya. Navbar/ menu navigasi tidak kalah penting dengan bagian lainnya dari sebuah blog.

Fungsinya ialah sebagai navigasi dan penunjuk konten yang terdapat pada sebuah website atau blog. Pada ruang lingkup ini saya akan sedikit mempersempitnya, yaitu akan membahas template yang digunakan pada web dengan basic blogspot dari Google.

Seperti fungsinya Navbar akan memberikan informasi pengelompokan konten yang diberikan oleh penyedia informasi. Entah itu masuk ke seputar internet, bisnis, atau mungkin hiburan dan gaya hidup. Berdasarkan posisinya, navbar bisa ditempatkan setelah/sebelum header dan bisa juga ditempatkan disamping halaman dengan sistem show/hide.

Pada dasarnya penempatan nama di navbar dan penulisannya dilakukan dengan cara manual. Jadi para pegiat konten harus memahami template miliknya. Yaitu dengan cara masuk ke dalam susunan bahasa dan script dari template yang tersusun HTML, CSS dan Java script.

Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak bermunculan template yang dibuat secara sederhana yakni dengan konsep "easy to use". Yang mana para pembuat konten kreator bisa mengeditnya dengan mudah pada halaman tata letak template di blogger.


Cara Mengatasi Dropdown Menu/Navigasi Bar Template Yang Tidak Berfungsi di Versi Mobile

Secara tampilan, kini semua template harus bisa mengakomodasi tampilannya dengan sebutan responsive. Yang artinya halaman bisa mengakomodasi berbagai bentuk dan ukuran layar tempat blog dibuka.

Kebetulan hal ini terjadi pada template Fiksioner buatan dari Igniel. Kamu mengunjungi web tersebut jika sangat berminat dengan template buatannya. Template bagus-bagus dan sangat cepat dalam loading page-nya.

Seperti pada topik yang sedang kita jelaskan, berikut ini caranya mengatasi dropdown menu/Navbar yang tidak berfungsi pada versi mobile. 
  • Buka halaman blogger.com
  • masuk Thema
  • Pilih edit HTML
Kemudian cari kode yang berfungsi menampilkan menu/Navbar, caranya bisa dicaru dengan memasukan kata menu/navbar. seperti berikut:


  • Ganti kode z-index menjadi 100 seperti pada gambar
  • Klik tombol save
  • Cek secara mobile, bisa dengan membuka halaman di layar smartphone
Jika berhasil bertanda masalah kamu telah terpecahkan.

Hal ini berdasarkan pengalaman saya saja. Jika dari kawan-kawan ada masukan lain seputar cara mengatasi dropdown menu/Navbar yang tidak berfungsi pada versi mobile, silahkan masukan pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments for "Mengatasi Menu Navigasi/ Navbar Template Yang Tidak Berfungsi di Versi Mobile"