Seberapa pentingkah: Sebuah Branding Blog Untuk Kamu

Seberapa penting Branding Sebuah Blog ? Pertanyaan yang sering muncul dalam benak saya akhir-akhir ini. Saya selalu berpikir sedikit berbeda dalam sebuah marketing blog saya. Makanya sampai saat ini saya masih belum sehebat dari para blog-blog yang lebih dulu senior. Banyak faktor yang memang membuat persfektif saya sedikit berbeda seperti ini, padahal saya sendiri selalu memimpikan suatu saat saya bisa dikenal sebagai seorang yang sukses sebagai seorang publisher melalui konten-konten yang saya buat.

Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.

Blog ini sendiri sudah hampir dua tahun saat artikel ini saya buat. Meski pun gak terlalu bagus, saya masih senang dengan selalu update beberapa artikel dalam setiap minggunya. Bukan tanpa alasan, blog ini sebuah bukti perjuangan yang kelak akan menjadi tetua dari prodak lainnya. Sekalipun sering gonta-ganti tampilan dari template yang digunakan, hingga saat ini malah mengalami peningkatan visitor setiap harinya. Yah, memang masih jauh jika dibandingkan dengan blog Mas sugeng, kompi ajaib, bungfrangki, dan juragan cipir atau mugkin senior lainnya.

Baca juga: Kriteria memilih template yang baik untuk membuat blog

Langkah-langkah dalam Branding Blog

Brand sebagai Bang Gaos sengaja saya buat dari panggilan keseharian saya dulu saat masih duduk di bangku sekolah SMA. Berharap semua orang yang pernah kenal saya bisa menyapa saya sekalipun dalam keadaan jauh.

Itu memang alasan yang klasik dari segi pribadi saya. Namun ada hal lain yang sebenarnya bisa membuat kita lebih menekankan dan memunculkan Brand dari nama blog yang kita buat. Dari hasil sekarang ini justru kita bisa lebih memaknai bagaimana sebuah blog bisa dikenal dan mampu muncul ketika mengetikan keyword nama blog kita. Ternyata butuh sebuah proses panjang yang jarang terselesaikan oleh yang lainnya.

1. Menentukan Nama Website dan Blog

Nama yang sekedar akrab memang bagus, tapi yang unik akan selalu dikenang dan lebih menonjol. Kita bisa memulainya dengan sebutan akrab nama kita, biasanya ini bisa mewakili keunikan diri kita. Salahsatu contohnya seperti yang saya lakukan. Contoh lainnya seperti teloletblog, Ninoartikel, Tikus liar dan lainnya.

Mereka memiliki hal yang gampang di ingat dan sesuatu yang lebih berbeda untuk disebutkan. Layaknya sebuah kesan unik, semua punya histori masing-masing.

Nah, jika semua itu telah kamu temukan kedepannya kamu akan terkenal denga identitas tersebut.

2. Memilih nama domain yang baik

Banyak anggapan menarik dari para blogger. Semua memiliki penjelasan tersendiri, tentunya telah lulus proses pengalaman dan sesuai riset yang telah dilakukan.

Pemilihan nama domain yang baik saya rangkum dalam beberapa hal, diantaranya harus memiliki identitas dari nama blog dan gunakan nama yang sesingkat mungkin. Seperti halnya sebuah nama blog, semua juga harus ramah dan akrab. Dampak postifnya ialah mudahnya terekam oleh SERP google.

Ekstensi domain bisa memaksimalkan untuk lebih mudah dalam menyebutkan alamat blog kita. Domain (dot)Com bisa menjadi pilihan karena kepopulerannya, namun kita juga bisa menggunakan domain lainnya sesuai dengan target yang telah kita tentukan. Misalnya saja kita bisa memilih domain dengan harga terjangkau namun tetap unik.

3. Domain Murah Bisa Menjadi Alternatif Terbaik

Pemilihan nama domain dengan harga murah untuk para pegiat bisnis atau pun para pemula dalam dunia website dan blogging bisa menjadi alternatif yang baik pula.

Semua bisa tergantung tujuan masing-masing. Untuk pegiat bisnis bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan, apakah itu sebuah jasa periklanan, surat kabar, informasi teknologi dan lain sebagainnya.

Kenapa saya referensikan untuk memilih Domain Murah, karena semua peluang baik bisa datang dari berbagai jalan tidak kita kira.


Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat brand kamu sendiri dan mendapatkan harga domain murah kamu bisa mencoba PascalDomain.

Pendaftaran hanya 1 menit, setelah itu kamu bisa melihat pilihan nama domain murah yang pas untuk website atau blog Kamu.

Seperti pada gambar tersebut, saya sedang mencoba memilih nama domain yang cocok untuk brand yang saya inginkan.

Satu hal lagi, Domain Murah ini hanya bisa kamu dapatkan dengan harga 19ribu Rupiah saja. Jujur, Saya sendiri memang masih terbilang pemula dimana yang terpenting ialah sanggup soal biaya administrasi dan bisa mengoptimalkannya.

4. Share Media Sosial

Jujur saja, saya tidak terlalu perduli dengan hasil dari share ke media sosial. Pada kenyataannya share di medsos memang bukan sebuah trafik organik. Tapi satu hal yang saya senangi dari media sosial, semua bisa terjangkau dengan cepat. Hal ini akan terasa manfaatnya saat kamu sudah mulai sangat serius menjadi seorang publisher google. Trust it !

Baca juga: Apa itu Blog? cari tahu detailnya disini!

5. Manfaatkan Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tool Ini senjata yang wajib digunakan sebagai seorang publisher. Ketika konten yang telah kita buat sudah selesai dan siap dipublikasi, dengan google webmaster setiap konten yang kita buat bisa lebih cepat terindeks dalam mesin pesin pencari google. Semakin mudah terindeks tentunya semakin cepat pula blog kita dikenal para visitor. Dalam hal ini jika konten kita memiliki kualitas yang sangat baik pasti akan membantu proses branding dari sebuah blog.

Poin tersebut sudah saya jalankan selama saya menjadi seorang blogger, dan masih saya lakukan dengan beberapa tambahan oftimasi disana-sini.

Tapi jangan terlalu menganggap semua ini adalah hal yang paling benar. Masih banyak ilmu lain yang mungkin lebih baik dari yang pernah saya terapkan. Seberapa penting pun branding sebuah Blog ada yang lebih penting lagi, yaitu membuat sebuah konten yang berkualitas dan disenangi para visitor.

No comments for "Seberapa pentingkah: Sebuah Branding Blog Untuk Kamu"