Mari Mengenal Jenis Kepribadian Introvert

Mengenal Jenis Kepribadian Introvert - Adakalanya kamu akan merasa nyaman dengan kehidupan kamu bersama dengan teman-teman dekat di sekolah. Bisa saja juga nyaman dengan orang-orang yang merupakan keluarga saja. Atau mungkin kamu lebih banyak nyaman dengan kesendirian kamu, bersama sebuah ruangan kamar dan hanya dengan menyibukan diri pada tulisan di sosial media.

Mengenal Jenis Kepribadian Introvert
Introvert

Untuk yang pernah belajar atau merupakan seorang psikologi tentunya sudah tidak asing dengan sebuah nama Introvert. Yah, Introvert adalah salahsatu jenis sebutan bagi orang yang memiliki kepribadian lebih tertutup. Namun tidak semua kepribadian tertutup disebut Introvert yah kawan, mari kita simak satu persatu agar kamu lebih mengenal diri kamu.

Sebenarnya ada lagi kebalikan dari Introvert yaitu Ekstrovert. Tapi pada kali ini Bang gaos akan ngebahas tentang Introvert saja dulu. Lain waktu kita sambung ok,,lanjut...!

Perspektif Masyarakat Tentang Introvert

Tentang penjelasan dari introvert sebenarnya agak sedikit sulit dalam menjelaskan, tapi seperti yang dijelaskan di atas tadi bahwa introvert itu adalah jenis kepribadian pada tipe orang yang lebih senang dengan kesendirian di dalam kamarnya daripada berkumpul bersama teman-temannya.

Banyak perspektif salah tentang pemahaman dari arti introvert. Terkadang para pemilik kepribadian introvert sering dianggap pemalu, tertutup, dan anti sosial. Dari sekian banyak anggapan, kebanyakan dari perspektif mereka Introvert sama dengan "tertutup" (padahal tidak selalu sama seperti itu).

Namun jika anggapan kamu termasuk pada artian seperti itu, nampaknya kamu harus membuang jauh. Tidak semua orang yang memiliki kepribadian introvert tertutup, ada juga yang memiliki kepiawaian dalam berbicara di hadapan umum.

Bahkan para introvert ini mampu bersosialisasi dengan teman-temannya. Tapi harap maklum, para introvert ini memeliki keterbatasan stok jangkauan dalam bersosial. Ternyata mereka memiliki batasan tenaga dalam bersosialisasi. So, jangan heran jika tiba saat waktu berkumpuln tapi dalam waktu terbatas atau tidak bisa berlama-lama.

Ciri-ciri Kamu Mengidap Kepribadian Intrevort

Para pemilik kepribadian introvert memang terlalu cinta dengan kesendiriannya. Kita bisa memahaminya dengan ciri-ciri seperti berikut:

  • Banyak diam, tidak banyak bicara.
  • Sering mikir dan memperhatikan hal-hal kecil di sekitar (langit, bintang, bunga, coretan di dinding)
  • Cenderung memiliki sedikit teman namun sangat akrab.
  • Lebih menyukai kesendirian.
  • Daripada banyak biacara mereka lebih suka “bercerita” melalui tulisan (seperti media sosial).
  • Lebih banyak aksi daripada berbicara.
  • Tidak suka duduk terlalu dekat dengan orang lain, walaupun itu temannya.
  • Selalu berpikir lebih dalam sebelum berbicara.
  • Jika sudah berkumpul dengan temannya, dia rindu sendirian di kamar tercinta.

Jenis-jenis Introvert

Adapun dari jenis Introvert dibagi menjadi empat macam, ada Introvert Sosial, Introvert Pemikir, Introvert Cemas dan Introvert Tertahan.

Introvert Sosial

Yaitu merupakan jenis introvert yang masih mampu melakukan sosialisasi, namun agak sedikit berbeda dari biasanya. Biasanya mereka memiliki banyak kenalan namun hanya sedikit saja yang akrab dan awet. Tipe seperti ini masih bisa berkumpul di tempat-tempat yang ramai seperti seminar, mall, acara konser atau sesekali datang ke tempat berkumpul teman-temannya.

Introvert Pemikir

Introvert pemikir merupakan tipe yang sangat suka berpikir tentang suatu hal yang dirasa membuatnya penasaran. Mereka sering dianggap tidak bisa bergaul. Terkadang terlalu asiknya dalam memikirkan sesuatu mereka jadi lupa akan pentingnya dalam bersosialisasi.

Introvert Cemas

Tipe introvert cenderung lebih tertutup. Mereka lebih memilih sendirian, karena mereka selalu mengalami grogi dan gelisah saat bersama orang lain. Perasaan tidak percaya diri terkadang datang saat bersosialisasi. Pada jenis ini lebih banyak menarik diri dari sebuah perkumpulan karena rasa tidak percaya diri tersebut.

Introvert Tertahan

Alasan mengapa mereka disebut "tertahan" karena mereka tidak mampu bertindak secara spontanitas. Mereka tipe yang berpikir dulu sebelum berbicara. Dalam dunia yang penuh spontanitas ini, mereka sering dianggap lamban, padahal mereka cuma butuh pemikiran dulu sebelum “beraksi”.


Kebanyakan dari orang sering menganggap bahwa menjadi introvert adalah sebuah gangguan yang harus disembuhkan. Ini merupakan pandangan yang sangat keliru. Introvert sangatlah wajar, sama wajarnya dengan para ekstrovert di luar sana.

Jadi pada dasarnya introvert bukanlah hal yang perlu dijadikan beban hidup ataupun sebuah masalah, dan tentunya dengan membaca konten ini membuat kamu lebih mengenal tentang kepribadian introvert. Banyak dari mereka yang mampu mencapai kesuksesan dengan cara bergaul dan teteap eksis di media sosial, dan punya banyak kenalan.

No comments for "Mari Mengenal Jenis Kepribadian Introvert"