Review Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max (ZC520KL) dan Zenfone Max Pro (ZC554KL)

Asus Zenfone 4 Max (ZC520KL) dan ZenfoneMax Pro (ZC554KL) merupakan produk keluaran terbaru dari ASUS yang mengusung smartphone double camera dan Big Power Batery. Untuk para penggemar smartphone dengan kamera mumpuni atau yang merencanakan ingin membeli ponsel selfie tentunya Zenfone 4 Max Pro bisa menjadi pilihan alternatif karena memiliki kamera selfie dengan kualitas ukuran 16MP.

https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-4-Max-Pro-ZC554KL/?utm_source=google&utm_medium=display&utm_campaign=zenfone4maxpro&gclid=COO969ePudYCFReMjwod8h0NMA
Asus Zenfone 4 Max / www.asus.com

Selain dari kamera selfie nya yang mumpuni  Zenfone 4 Max Pro memiliki kelebihan lain dengan ketersediaan baterai monsternya. Asus Zenfone 4 Max (ZC520KL) memiliki baterai dengan kapasitas 4100 mAh dan Zenfone Max Pro (ZC554KL) ditanami baterai berkapasitas 5.000 mAh yang siap aktif hingga 1104 jam lamanya pada jaringan 3G dan 40 jam pada waktu bicara di jarignan 3G.

Di dalam setiap Paket Penjualan 1 unit box Asus Zenfone 4 Max kita akan mendapatkan 1 unit Headset, 1 unit Charger, kabel data, kabel OTG, buku manual, dan kartu garansi produk. Tersedia dua pilihan warna yaitu warna Emas dan Hitam.

Harga Zenfone 4 Max dibandrol Rp. 2.699.000) sedangkan untuk Harga Zenfone 4 Max Pro dibandrol Rp 2.999.000

Sedikit berbeda dengan model dari produk ponsel ASUS pada tahun-tahun sebelumnya, Asus Zenfone 4 Max (ZC520KL) dan Zenfone Max Pro (ZC554KL) kini mengusung tombol fisik home di bagian depan yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari (finger print). Tombol home berbentuk oval  ASUS tanamkan tepat di bawah layar dengan diapit dua tombol masing-masing back dan recent apps.

Walaupun tidak terlalu mencolok, perbedaan terlihat pada letak tombol back yang kini berpindah pada sebelah kanan. Hal tersebut kebalikan dari pada desain tombol pada model ponsel ASUS sebelumnya. Sebuah perubahan kecil, namun bagi pengguna yang sebelumnya sudah terbiasa akan kerap mengalami salah pencet tombol hingga terjadi penyesuaian.

Soal ketersidaan kapasitas memory Asus Zenfone 4 Max (ZC520KL) dibekali 32GB memori internal dan RAM 3GB dan didukung slot microSD yang bisa mendongkrak kapasitas 256GB.
Sedangkan pada Asus Zenfone Max Pro (ZC554KL) dibekali 32GB memori internal dan RAM 3GB, hanya saja terdapat versi yang disematkan RAM 2GB




Ukuran Layar Asus Zenfone 4 Max dan Max Pro dengan ZenMotion

Seperti pendahulunya, ASUS menyematkan layar IPS LCD berukuran 5,5 inch pada Max Pro dengan resolusi HD sedangkap pada versi Max hanya berbeda sedikit yaitu 5,2 inch. Guna melindungi mata pengguna, perangkat ini juga disertai dengan filter cahaya biru. Ada pula pengaturan kecerahan layar otomatis yang dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitarpengguna.

http://www.gsmarena.com/asus_zenfone_4_max_pro_zc554kl-pictures-8814.php
Asus Zenfone 4 Max Pro/ www.gsmarena.com


Selain itu, layar Asus Zenfone 4 Max dan Max Pro juga dapat menerima sentuhan hingga sepuluh titik jari.
Funngsi touch gesture pada ZenMotion juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan beragam fungsi menggunakan gestur jari. Contohnya, Anda bisa menyalakan layar dari posisi mati cukup dengan mengetukkan jari ke layar sebanyak dua kali.Mengakses ragam aplikasi juga bisa dilakukan cukup dengan menggambar huruf di atas layar.

Sementara untuk pilihan aplikasinya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dua fungsi lain pada ZenMotion yakni Motion gesture dan one hand mode juga dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan perangkat dalam berbagai situasi dan kondisi.

Seperti ponsel keluaran ASUS lainnya, Asus Zenfone 4 Max dan Max Pro menggunakan sistem operasi Android versi Nougat 7.0 dan dengan antarmuka ZenUI. Berbeda dengan ZenFone Live, Asus Zenfone 4 Max dan Max Pro sudah mengusung platform Android Nougat dengan ZenUI 3.0.

Ini artinya tidak seperti yang dijanjikan sebelumnya bahwa seluruh perangkat ZenFone 4 akan langsung mendapatkan ZenUI 4.0. Akibatnya pengguna tidak akan bisa mencicipi fungsi baru yang ditawarkan seperti twin apps, ZenUI Safeguard dan lain sebagainya.

Soal antarmuka yang diusung sebetulnya tidak banyak alami perubahan dari sebelumnya dengan laci aplikasi serta pengelompokan aplikasi cerdas yang disebut sebagai smart group.Fitur app lock dan hide app telah disiapkan pula untuk membantu menjaga privasi dengan cara mengunci atau menyembunyikan aplikasi.

Anda juga dapat mengunduh tema yang disediakan. Pengguna juga akan mendapatkan bonus penyimpanan Google Drive gratis sebesar 100GB selama setahun penuh. Antarmuka ZenUI dikenal pula dengan banyaknya aplikasi bawaan yang disertakan. Guna memudahkan update, ASUS memasukkan seluruh elemen UI yang ada ke Play Store. Akibatnya begitu perangkat ZenFone terhubung ke jaringan internet, maka akan ada banyak sekali permintaan memperbarui aplikasi di Play Store.

Secara default pengguna akan menemui tiga folder bernama Google, ASUS dan Apps4U. Folder ASUS berisikan empat aplikasi masing-masing Weather, WebStorage, ZenUI FAQ dan ZenTalk.Sementara folder Apps4U diisi oleh aplikasi Facebook dan Instagram.


Dual Kamera dari Asus Zenfone 4 Max dan Max Pro

Untuk hasil maksimal setiap jepretan gambar ASUS telah menyiapkan dua buah kamera utama yaitu Dual 13mp + 5mp pada kamera belakang Asus Zenfone 4 Max.

Asus Zenfone Max Pro memiliki dual kamera 16mp pada kamera belakang. Juga dengan pengaturan antara sensor dengan sudut pandang normal dan sensor sudut lebar 120 derajat membuat smartphone ini menjadi dambaan para pecinta Photografi ponsel.

Berbeda dengan ponsel kelas atas yang mengandalkan efek bokeh, kamera perangkat kelas menengah dari ASUS ini tidak menyediakannya. Anda dapat mengambil gambar time-lapse menggunakan kamera utama miliknya. Selain itu juga dibenamkan pula fitur ‘super resolution’ yang akan memotret beberapa gambar secara berurutan untuk kemudian digabungkan guna mendapatkan resolusi sebesar 34MP

Terdapat sembilan filter warna yang ikut pula disematkan untuk memperoleh kualitas foto yang sesuai selera pengguna. Bila Anda kurang puas, maka Anda masih bisa melakukan pengaturan manual menggunakan mode Pro. Meski begitu minimnya fitur kamera yang ada seperti absennya phase detection dan laser autofocus juga tidak akan banyak meningkatkan kualitas fotonya.

Terakhir demi membantu pengambilan gambar, tombol volume dapat dipakai pula sebagai tombol bidik kamera. Sensor yang dipakai meski mengambil gambar dengan resolusi besar ternyata kurang peka dalam menangkap warna. Akibatnya warna merah yang ditampilkan terlihat kurang natural. Dengan sedikit permainan cahaya, ternyata berhasil meningkatkan ketajaman warnanya meski tentu saja ini akan menimbulkan banyak kesulitan bagi pengguna awam.

Bergeser pada keperluan membuat video, Anda bisa memilih resolusi tertinggi full HD. Audio yang dihasilkan pun dijanjikan dalam format stereo meski  belum dapat menekan tingkat kebisingan lingkungan sekitar tempat pengambilan video dilakukan. Pengaturan video dengan foto yang jadi satu kerap pula membuat pengguna kebingungan karena perangkat akan secara otomatis merekam video sehingga pengguna tidak ada kesempatan untuk mengatur sudut pengambilan yang pas.


Kamera Selfie  Asus Zenfone 4 Max dan Max Pro

Mengikuti tren ponsel selfie, ASUS juga menyiapkan kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel yang dilengkapi pula dengan lampu LED flash pada Asus Zenfone 4 Max dan 16 megapixel pada Asus Zenfone 4 Max Pro. Guna memperoleh kualitas selfie yang lebih optimal telah disisipkan pula fitur beautification yang akan membuat wajah tampak lebih tirus, kulit lebih halus dan mata yang lebih lebar. Seperti kamera utama, Anda dapat pula membuat gambar animasi dalam format gif.

Untuk menyiasati absennya sensor kamera wide-angle, ASUS menambahkan fitur selfie panorama yang cara kerjanya sepintas mirip dengan cara Anda mengambil gambar panorama dengan menggunakan kamera belakang.

Sebagaimana kamera belakang miliknya, ketajaman warna yang disuguhkan juga kurang istimewa. Demikian pula dengan selfie yang dihasilkan terlihat agak gelap bila dibandingkan ponsel selfie dari merek lain.

Memiliki aplikasi bawaan yang berlimpah, ASUS sampai saat ini ternyata masih belum memberikan peningkatan fitur yang signifikan pada aplikasi pemutar video miliknya.Menginstal aplikasi pihak ketiga seperti MX Player  adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan bila ingin menonton film dengan subtitle. Sambil menonton, Anda dapat pula menjalankan aplikasi lain secara bersamaan dalam satu layar berkat fitur split screen yang dibawa oleh Android Nougat.

Pada aplikasi galeri, pengguna dapat mengaktifkan fitur deteksi wajah yang akan memungkinkan perangkat untuk menampilkan thumbnail wajah. Sehingga dengan demikian dapat membantu pengguna menemukan foto dengan lebih mudah.Anda juga dapat menghubungkannya dengan akun cloud storage populer seperti Google Drive, Facebook, Dropbox, OneDrive dan sebagainya.

Beranjak ke hiburan audio, pengguna akan dimanjakan dengan kehadiran fitur AudioWizard yang memungkinkan pengguna mengatur keluaran suara sesuai dengan genre lagu yang diputar. Sayangnya dalam paket penjualan belum disertakan earset. Mirisnya lagi meski masuk kategori ponsel kelas menengah, perangkat ini ternyata tidak dilengkapi dengan radio FM.

No comments for "Review Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max (ZC520KL) dan Zenfone Max Pro (ZC554KL)"