Apa itu Blog

Untuk yang sering pulang pergi ke Warnet (Warung Internet) kata Blog sebenarnya bukan hal yang asing. Satu atau sampai tiga kali mungkin pernah mendengarnya. Tapi itu yang pergi ke warnetnya buat belajar hal baru tentang pengetahuan, lain halnya dengan yang niat main game online saja.

Kalau boleh curhat nih, Bang Gaos ini membuat artikel tentang Sejarah blog itu di urutan yang kesekian. Tidak di awal mula saat membangun sebuah blog atau saat baru niat membuat blog. Saat mengetahui tentang blog, saya langsung terpikirkan kenapa orang kerajinan membuat sebuah blog.

Berbicara tentang sejarah Blog sih sebenarnya bukan kepiawaian Bang Gaos, namun setidaknya dari cover depan sejarahnya harus tahu lah (dikit-dikit mah). Tapi disini Bang Gaos gak akan menjelaskan sejarah Blog versi buku sejarah. Karena apa, karena Bang Gaos tahu bahwa orang-orang sekarang ini sudah canggih-canggih dan kritis dalam hal informasi, setuju kan.

Soal sejarah rincinya Kawan-kawan bisa menyelam ke Mbah Google, bisa dicari disetiap web-web atau blog-blog yang sudah lumayan canggih dikenal dan melang-lang buana. Disini saya akan menjelaskan pengertian blog sesuai versi pemahaman pribadi.

What is Blog ?


Blog itu tempat menuangkan ide dan tulisan

Pemahaman pertama saat mengenal blog yaitu tentang membuat tulisan. Sah-sah saja mau berbentuk apapun tulisan tersebut, asalkan tidak mengandung provokasi, ancaman, dan singgung menyinggung tentang SARA. Ketika menuangkan tulisan biasanya dikarenakan datangnya sebuah ide yang mengalir tiada henti, bahkan saking derasnya terkadang tak terbendung. Dari sebuah tulisan itulah yang pada akhirnya menjadi sebuah karya seni yang banyak dikenal masyarakat.



Blog itu tempat berbagi informasi

Pernahkah Kawan-kawan membuka mesin penelusur Google untuk menulis sesuatu yang kita gali kejelasannya. Atau mungkin pernah berbicara dengan Google Asistant atau Google Know tentang apa yang ingin dipertanyakan. Saat terjawab atau saat kontennya muncul disana akan banyak menampilkan apa yang dicari dan dipertanyakan. Hasilnya yaitu berupa web-web yang awal mula dibuat oleh seorang Bloger (sebutan untuk penulis blog). Dengan kreatifitas dan kebaikan hatinya mereka merangkai setiap informasi-informasi yang relevan guna membagikan informasi kepada para pembacanya.


Blog itu sebuah kreatifitas

Mungkin untuk orang awan seperti Bang Gaos ini sering bertanya-tanya, bagaimanakah sebuah halaman web yang kita kunjungi dan artikelnya sering kit abaca dapat tampil dengan visualisasi yang begitu indah, elegan dan keren. Sedikit cerita dari pengalaman Bang Gaos, awal mulanya dalam membuat blog masih menggunakan tema yang tersedia di dashboard Blog. Namun ketika mampir ke blog lainnya yang sudah duluan senior Bang Gaos menjadi terpacu untuk membuat dan merubah tampilan blog menjadi lebih indah dan enak dipandang mata. Yang pada akhirnya membuat kita belajar lebih kreatif dan mau mencari hal-hal baru dalam memperindah halaman blog.


Blog itu tempat mencari rezeki

Sebagai informasi yah Kawan-kawan, tidak semua orang yang membuat blog semata-mata hanya untuk menuangkan apa yang sedang di isengkannya. Namun untuk para pemikir-pemikir bisnis, Blog bisa menjadi sebuah peluang dalam mencari penghasilan. Tidak menutup kemungkinan, di dunia yang serba internet ini tentunya bisa kita ambil sebagai jalan dalam membuat sebuah Bisnis. Menurut para bloger-bloger senior, profesi sebagai bloger itu sama halnya juga sebagai Publisher. Dimana mereka akan memasarkan setiap prodak pada konsumennya lewat halaman blog yang mereka kelola. Tentunya saat penjelasan ini di buat pastinya akan bertanya tentang penghasilan para bloger di dalam dan luar negeri.


Blog itu tempat kita menjalin silaturahmi

Bukan hanya sekedar tempat curhat, tempat berbagi informasi dan mencari rezeki, tapi hikmah dari sebuah tempat kumpul itu ialah silaturahmi. Banyak komunitas dan forum yang sengaja menampung para bloger-bloger di dalam dan luar negeri. Tujuannya adalah tempat share dan bertukar pikiran. Adakalanya mereka berbagi ilmu dari yang pernah mereka praktekan hingga berhasil seperti sekarang ini.


Itulah beberapa pngertian Blog menurut versi Bang Gaos Blog. Sebenarnya masih banyak lagi pengertian lain dari Blog, mungkin selebihnya bisa Kawan-kawan tambahkan nantinya. Mudah-mudahan bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk kita semua.


No comments for "Apa itu Blog"